Rabu, Agustus 17

Cara mengatasi Virus Recycler

Kemaren waktu aku nancepin flashdisk di kompi ku, muncul file yang namanya :
Copy to shortcut to (1),
Copy to shortcut to (2),
Copy to shortcut to (3),
Copy to shortcut to (4),
dan Recycler.
awalnya ku biarin aja, tapi selang beberapa hari kemudian ada peringatan dari windos kalo  hardisk ku memorinya penuh. seperti ini tulisannya

Setelah itu aku cek dah hardisk ku di properties. Bener hardisku penuh,cuma tinggal sisa beberapa Mb saja. Tapi anehnya aku Ctrl+A semua file ku trus aku properti Hasilnya itu tidak sama dengan Memory Used yang ada di hardisk ku. Aku bingung apa yang terjadi???
Akhirnya aku googling di google. Dan aku pun menemukan solusi untuk ini.

Ternyata kompi ku kemasukan virus Recycler.
Virus ini Mempunya induk file .yaitu Folder Autorun.inf ; Recycler ;dan System Volume Information. Tentu folder Recycler dan Sytem Volume Information ini tidak terlihat, alias hidden. Jadi supaya kita bisa melihatnya kita harus mencentang Show Hidden Files and Folder yang ada di Tools --> Option --> View. Setelah di centang kedua folder itu kelihatan dan setelah aku properti, semua sisa memory hardisk ku masuk semua di folder ini. Saat ku buka folder Recyclernya di situ ada file yang icon nya seperti Recycle Bin namanya panjang panjang seperti ini

Maka solusinya adalah :
jika kamu menghapus folder ini,tentunya sia-sia. Dia akan kembali lagi lagi dan lagi.
Langkahnya adalah Matikan dulu system alg,dengan cara masuk ke task manager lalu pilih tab processes dan end proces system alg tersebut.
Buka explorer trus pilih Tools klik Folder Option lalu pilih tab View. Setelah itu centang tulisan Show Hidden Files and Folder, dan hilangkan tanda centang pada tulisan Use simple file sharing ( Recommendned ).
Setelah itu cari folder Recycler dan System Volume Information yang ada di dalam hardisk anda.
Klik kanan folder Recycler tersebut dan pilih properties pilih tab security lalu anda klik Nama User kompi anda tersebut lalu centang semua kotak yang ada di bawah pilihan ALLOW. Setelah itu folder System Volume Information juga lakukan langkah seperti itu, tapi setelah anda memilih tab security Nama User anda belum tertera dalam tab pilihan, maka anda harus memasukkannya sendiri dengan cara pilih Add dan ketikkan Nama User kompi anda lalu OK dan centang kembali semua kotak yang ada di bawah tulisan Allow.
Setelah itu buka desktop anda dan arahkan kursor anda ke icon Recycle Bin dan pilih properties lalu centang tulisan do not move files to the Recycle Bin. Remove files immediately when deleted setelah itu apply dan Ok.
Baru jika semua proses di atas sudah selesai, hapus folder Recycler dan System Volume Information yang ada di hardisk anda.
Setelah itu masuk ke run dan ketik regedit, setelah muncul jendela menu tekan Ctrl+f, kemudian ketikkan Recycler di dalam bar, lalu find. Jika sudah tidak di temukan lagi, berarti virus Recycler itu sudah menghilang.
Langkah terkahir yaitu Restart Kompi anda.
Selesai.
Sementara itu dulu gan, jangan lupa tinggalkan komentar.
Trima kasih semoga bermanfaat.